Kata-Kata Bijak Islami

Kata-kata Bijak Islami


1.Menjemput Hidayah
Tuhan menuliskan diam-diam spiritual dalam hati kita, dimana mereka menunggu untuk ditemukan. Rumi

Sebenarnya Tuhan sudah sering “berbicara” pada kita dengan banyak sekali cara. Termasuk melalui pikiran dalam diri kita. Namun, terkadang kitanya kurang peka sehingga tak sanggup menangkap pesan dari Tuhan tersebut.

Nah semoga hati menjadi peka, kita perlu mendekatkan diri pada Tuhan. Sehingga koneksi kita dengan-Nya semakin kuat. Dan ketahuilah, dalam pesan Tuhan tersebut mungkin terselip sumbangan untuk duduk kasus hidupmu.

2.Nikmatilah Hidupmu
Aku mempelajari bahwa setiap makhluk hidup akan mencicipi mati. Tapi hanya beberapa dari mereka yang mencicipi hidup. Rumi

Begitulah, semua orang bernapas tapi tak semua orang menikmati kehidupan mereka. Ada yang bersedih hati sebab meratapi masa kemudian mereka yang tak sesuai harapan.

Ada juga yang terlalu cemas memikirkan masa depan mereka akan menyerupai apa. Nikmatilah kehidupanmu yang sekarang, sebab semua tak akan terulang. Jangan hingga nanti kau berandai-andai mengulang masa lalu.

3.Tahan Cobaan dan Ujian
Jika kau terganggu dengan tiap gosokan, bagaimana kacamu akan bisa dipoles? Rumi

Gosokan yang dimaksud disini yaitu cobaan dan ujian. Wajar sih jikalau kau merasa tak suka, sebab setiap ujian niscaya rasanya tak enak. Tapi, gosokan itu sebetulnya yaitu cara Tuhan untuk membentuk pribadimu.

Dengan begitu kau akan tahu seberapa jago kemampuanmu. Bahkan mungkin ada skill tersembunyi yang selama ini ada tapi tak kau sadari. Dan siapa tahu skill itu akan mengubah masa depanmu.

4.Saling Berempati 
Bukan yang berbicara dengan bahasa yang sama, melainkan mereka yang mempunyai perasaan yang samalah yang bisa saling mengerti satu sama lain. Rumi

Pernah merasa jengkel banget sama temen gara gara beliau enggak “kamu” banget? Jangan keburu negative thinking dulu. Mungkin kau perlu berpikir dengan caranya semoga memahami mengapa beliau bersikap begitu.

Manusia memang membutuhkan lebih dari sekedar bahasa untuk memahami satu sama lain. Dan berempati yaitu satu satunya cara yang efektif melebihi bahasa apapun.

5.Mencari Ketidaksempurnaan
Jika kau mencari seorang sahabat yang tak punya kesalahan, kau tak akan pernah punya teman. Rumi

Kata kata motivasi Islam di atas mengajak kita untuk berhenti mencari kesalahan orang lain. Setiap insan niscaya punya celah, makanya kita sering dibentuk jengkel samasahabat baik kita sendiri.

Saat kita merasa jengkel, ingatlah bahwa tanpa sadar, mungkin kita juga pernah menciptakan sahabat kita itu jengkel. Hanya saja beliau tidak mengatakannya pada kita. Dan jikalau kita membenci dia, berarti kita juga memnbenci diri sendiri dong.
Buat lebih berguna, kongsi:
close